logo-black

Tips Memilih Vendor Software ERP

Tips Memilih Vendor Software ERP

Software ERP (Enterprise Resource Planning) adalah kumpulan perangkat lunak kompleks yang memiliki kapasitas untuk mengelola lebih dari satu komponen bisnis. Penggunaan sistem ERP dalam perusahaan memang diketahui memiliki manfaat yang banyak bagi perusahaan. Hal ini karena Sistem ERP dapat membuat seluruh proses bisnis yang terdapat dalam sebuah perusahaan menjadi lebih efisien. Tak heran jika sistem ERP memang harus menjadi sistem yang wajib diterapkan pada perusahaan. Selain itu, perusahaan juga perlu mempertimbangkan dari segi anggaran. Setidaknya ada tiga hal yang perlu diperhatikan saat memilih software ERP.

MEMILIH BERDASARKAN KEBUTUHAN

Pertimbangan pertama dan terpenting yang perlu Anda ambil saat memilih sistem ERP adalah kebutuhan perusahaan Anda, karena yang sistem ERP yang dipilih harus memiliki semua fungsi penting yang dibutuhkan perusahaan Anda. Sebagai contoh, jika perusahaan Anda melakukan manajemen inventori, layanan penjualan, melacak laporan pelanggan, akuntansi, dan lainnya, maka software ERP yang dipilih harus mencakup semua modul tersebut dan memiliki fungsi yang baik pada modul-modul tersebut.

Beberapa fungsi perangkat lunak ERP bisa jadi sangat penting bagi beberapa perusahaan, namun tidak penting bagi banyak perusahaan lainnya. Ini karena keseluruhan paket sistem software ERP berisi begitu banyak modul dan Anda perlu membayar sejumlah uang untuk setiap modulnya. Dengan bertambahnya jumlah modul, sistem ERP bisa menjadi paket software yang mahal. Oleh karena itu, banyak perusahaan tidak mau membayar modul yang tidak penting bagi mereka dan hanya mencari fungsi yang diperlukan. Jadi, Anda harus mencari fungsi-fungsi pentingnya atau membuat T.O.R terlebih dahulu sebelum Anda memilih software ERP untuk perusahaan Anda.

MEMILIH BERDASARKAN PROSES BISNIS

Hal kedua yang harus diperhatikan dalam memilih perangkat lunak ERP yakni proses bisnis Anda sendiri. Anda harus mencocokkan paket ERP dengan industri yang sesuai. Beberapa paket ERP dirancang hanya untuk beberapa jenis bisnis tertentu dan tidak sesuai untuk industri lainnya. Untuk memastikan sistem yang sesuai untuk industri Anda, cara terbaiknya adalah memilih paket yang dirancang khusus untuk bisnis Anda (customized software).

BERDASARKAN ANGGARAN PERUSAHAAN ANDA

Ketika perusahaan Anda harus membeli software yang biayanya mahal, maka anggaran adalah hal yang paling penting untuk diperhatikan dari semuanya. Akan tetapi, membeli perangkat lunak yang harganya murah mungkin membutuhkan waktu berjalan yang lebih lama dan hasilnya bisa jadi tidak efektif. Dalam kondisi seperti itu, tidak disarankan untuk membeli paket yang mahal. Alih-alih membuang-buang uang Anda pada modul-modul yang tidak diinginkan, sebaiknya pilih opsi yang ramah anggaran dan pilih modul-modul yang benar-benar Anda butuhkan saja.

Setiap vendor mempunyai kelebihan dan kekurangan masing - masing. Apabila perusahaan menginginkan vendor ERP yang berpengalaman dan mempunyai paket lengkap dalam fitur ERP, anda dapat memilih Bumitekno Indonesia.

Bumitekno Indonesia 27 July 2017, 00:00